From China to Indonesian and to Australia: Two Stories of Struggle for Acceptance

Dewi Anggraeni

Abstract

Pada kurun waktu beberapa abad, orang China meninggalkan kampung halamannya dalam jumlah besar didorong oleh sebab dan niat yang berbeda-beda. Mereka yang berlayar ke selatan mendarat di kepulauan yang kemudian menjadi bagian dari Republik Indonesia. Ada juga yang tiba di benua selatan yang sekarang dikenal sebagai negara Federasi Australia. Meski beragam, gambaran mental mengenai etnis Cina sangat dibatasi oleh stereotip yang sempit. Di Indonesia, etnis Cina digambarkan sebagai orang-orang yang tanpa ampun mengejar laba, seringkali dengan mengorbankan orang-orang di sekitar mereka, dan enggan membantu kesejahteraan masyarakat tempat tinggal mereka. Di Australia, gambaran etnis Cina yang ada di tengah masyarakat luas berkaitan dengan adaptasi, kebiasaan, dan filsafat kehidupan, yang berbeda dari kebanyakan penduduk yang berlatar belakang etnis dan budaya Anglo-Celtic dan Eropa. Tulisan ini berusaha mengangkat ke permukaan dan menganalisis titik-titik gelap dari topik ini, yaitu aspek-aspek tentang diri mereka yang luput dari pandangan-diri etnis Tionghoa, sekaligus aspek-aspek yang lolos dari radar masyarakat luas yang non-Cina.

Full Text:

PDF

References

Abeyasakere, Susan. 1987. Jakarta a History. Singapore: Oxford University Press.

Anggraeni, Dewi. 2010. Breaking the Stereotype; Chinese Indonesian Women Tell Their Stories. Melbourne: Indra Publishing.

Broinowski, Alison. 1992. The Yellow Lady. Melbourne: Oxford University Press.

Coppel, Charles A. 2002. Studying Ethnic Chinese in Indonesia. Singapore Society of Asian Studies.

Fitzgerald, John. 2007. Big White Lie; Chinese Australians in White Australia. Sydney: University of New South Wales Press.

Pan, Lynn. 1990. Sons of the Yellow Emperor; the Story of the Overseas Chinese. Great Britain: Martin Secker and Warburg Ltd.

Pearson, Stuart. 2008. Bittersweet; The Memoir of a Chinese Indonesian Family in the Twentieth Century. Athens: Ohio University Press.

Suryadinata, Leo, Evi Nurvidya Arifin, Aris Ananta. 2003. Indonesia’s Population; Ethnicity and Religion in a Changing Political Landscape. Singapore: ISEAS.

Wang, Gungwu. 1991. China and the Chinese Overseas. Singapore: Times Academic Press.

Copyright (c) 2016 Jurnal Kajian Wilayah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.