The Paper Industry in Japan: Its Development and Challenge

Herman Hidayat

Abstract

Paper ini mendiskusikan peran stakeholder seperti pemerintahan Meiji, akademisi dan perusahaan swasta yang telah banyak memberikan kontribusi atas modernisasi Jepang. Pemerintahan Meiji (1868-1912) dapat digolongkan sebagai pemerintahan yang kuat. Raja Meiji yang masih muda dan mempunyai ambisi memajukan Jepang, disertai oleh para akademisi yang brilian, berpengalaman dan banyak dari mereka didikan universitas dari Barat seperti, Ito Hirobumi, Okuma Shigenobu, Mori Arinori, Fukuzawa Yukichi, Eiichi Shibusawa dan sebagainya. Peran akademisi yang didukung oleh masyarakat sangat signifikan dalam melancarkan program modernisasi Jepang dalam berbagai sektor misalnya stabilitas politik, demokratisasi, pembaruan institusi sosial (pendidikan dan kesehatan) dan mendirikan berbagai perusahaan. Di antara perusahaan strategis yang mereka mendirikan ialah perusahaan kertas. Industri kertas bertujuan mendorong masyarakat Jepang menjadi masyarakat terdidik, berbudaya dan menjadi bangsa maju. Paper ini mentelaah manajemen dua perusahaan kertas besar yakni Oji dan Nippon, dilihat dari perspektif strategi visi dan misi berdirinya, cara memperoleh bahan baku, mengembangkan R&D, inovasi teknologi, akses ke institusi per bankan dan pemasaran.


Kata kunci: Pemerintahan Meiji, akademisi, pihak swasta, perusahaan kertas Oji dan Nippon, modernisasi dan tantangan

Full Text:

PDF

References

Craig, Teruko (translator). 1994. The Autobiography of Shibusawa Eiichi: from Peasant to Entrepreneur. Tokyo: The University Tokyo Press.

Dempster, Prue. 1969. Japan Advances: A Geographical Study. London: Methuen & CO LTD Press.

Hall, John and Jansen, Marius. 1968. Studies in the International History of Early Modern Japan. New Jersey: Princeton University Press.

Harootunian, H.D. 1970. Toward Restoration: The Growth of Political Consciousness in Tokugawa Japan. Los Angeles: University of California Press.

Hidayat, Herman. 2007. Pulp and Paper Industries in Japan and Indonesia: From the Viewpoint of Political Ecology. V.R.F. Series. No. 427. Japan: IDE-JETRO Monograph report.

Iwai, Yoshiya (ed.). 2002. Forestry and the Forest Industry in Japan. Canada: UBC Press.

Narita, Kiyofusa. 1954. Life of Ts’ai Lung and Japanese Paper Making. Tokyo: Tokyo Museum Publisher.

Nakayama, Ichiro. 1975. Industrialization and Labor-Management Relations in Japan. Tokyo: The Japan Institute of Labor.

Sugihara, Kaoru. 2003. “The East Asian Path of Economic Development: a Long-Term

Perspective”, in Giovanni Arrighi et.al.,The Rise of East Asia in Regional and World Historical Perspective. Routledge Publisher.

Pulp and Paper Statistics 2006. Japan Paper Association.

The History of OJI Paper. 2004. Tokyo: Bunkado Printing.

The Japan Times, August 5, 2006. The topic of article” Hokuetsu Mill refuses to sell to Mitsubishi paper”.

Copyright (c) 2016 Jurnal Kajian Wilayah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.