Food for Indigenous Communities in Times of Global Crisis: Reflection from the Experiences of Orang Rimba Community (Jambi Province, Indonesia) and Ifugao Community (Ifugao Province, the Philippines)

Ekoningtyas Margu Wardani

Abstract

Kertas kerja ini membahas ketahanan pangan bagi komunitas etnik, atau sering disebut sebagai indigenous people, yang hidup di pedalaman Provinsi Jambi (Indonesia) dan di Provinsi Ifugao (Filipina), yang sering disebut sebagai Orang Rimba dan Ifugao.Titik berat perhatian kertas kerja ini adalah ketahanan pangan di tingkat rumah tangga bagi Orang Rimba dan Ifugao. Sementara itu pertanyaan penelitian yang diajukan dalam penelitian ini adalah apa saja tantangan yang dihadapi oleh komunitas etnik di Indonesia dan Filipina dalam memenuhi ketahanan pangan mereka di tengah gaya hidup dan budaya yang mereka miliki? Kertas kerja ini berdasarkan seri penelitian yang telah dilakukan sejak tahun 2006-2009. Pada tahun 2006-2007, penulis berkesempatan untuk melakukan penelitian di Provinsi Jambi (Sumatera). Komunitas Orang Rimba yang diteliti adalah Kelompok Orang Rimba Dalam dan Orang Rimba Luar yang hidup menetap di Bukit Dua Belas dan di sebelah selatan Provinsi Jambi atau tepatnya Orang Rimba yang hidup di sepanjang jalan Lintas Sumatera, yaitu di Desa Pematang Kancil, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin. Sementara itu, pada tahun 2008-2009, penulis mendapat kesempatan untuk melakukan penelitian di Provinsi Ifuga, sebelah utara Pulau Luzon di Filipina. Metode yang digunakan dalam penelitian-penelitian tersebut adalan metode kualitatif dengan pendekatan etnografis.


Kata kunci : Ketahanan Pangan, Orang Rimba, Ifugao, Etnografi

Full Text:

PDF

References

Anonymous. 2010. Jambi dalam Angka. Kantor Statistik Provinsi Jambi.

Anonymous. 2002. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 68 Tahun 2002. Tentang Ketahanan Pangan.

Anonymous. 2003. Sustainable Agricultural Development in Southeast Asia. PSDR LIPI

Anonymous. 2004. The New Perspective of Food Security. AIRLIE Foundation.

Baliwati, Y.F. 2001. Model Evluasi Ketahanan Pangan Rumah Tangga Petani. Disertasi PPS IPB, unpublished, Bogor.

Chung, K, L. Hawddad, J. Ramakrishna, and F. Riely. 1997. Identifying the Food Insecure the Application of Mixed-Method Approaches in India. Washington DC: International Food Policy Research Institute,

Dewan Bimas Ketahanan Pangan. 2001. Kebijakan Pemantapan Ketahanan Pangan Nasional, Jakarta: Sekretariat Dewan Bimas Ketahanan Pangan.

Dove, et al. 1985. Peranan Budaya Tradisional Indonesia dalam Modernisasi. Jakarta: Yayasan Obor.

Hayashi, et. al. 2003. Sustainable Agriculture in Rural Indonesia. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Hunt, J. 2001. Food Policy and Nutrition Security. Manila: Asian Development Bank Report.

Lassa, J. 2005. Politik Ketahanan Pangan Indonesia 1950-2005. (online: www.deptan.go.id).

Lovendal. C. R., M. Knowles, and N.Horii, 2004., Understanding Vulnerability to Food Insecurity Lessons from Vulnerable Profiling, ESA Working Paper No. 04- 18, Agricultural and development Economics Division, The Food and Agriculture Organization of the United Nations.

Maxwell S. & Slater, R. 2003. Food Policy Old and New. Development Policy Review, Vol. 21(5- 6), pp 531-553.

Maxwell, S. and T.R. Frankenberger. 1997. Household Food Security: Concept, Indicators, Measurements. UNICEF and IFAD.

Mears, L. 1978. “Problems of Supply and Marketing of Food in Indonesia in Repelita III”, BIES Vol. XIV No. 3 pp 52-62.

Siagian, Marahalim. 2007. Dampak Deforestasi Pada Mode Produksi dan Mode Reproduksi Orang Rimba di Jambi. Master Thesis, Antropology of,Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta.

Timmer. 2002. Food Security and Rice Price Policy in Indonesia: The Economics and Politics of the Food Price Dilemma. IFPP-Bappenas/Departmen Pertanian/ USAID/DAI. Working Paper 14.

Usfar, A.Avita. 2002. Household Coping Strategies for Food Security in Indonesia and the Relation to Nutritional Status: A Comparison before and after the 1997 EconomicCrisis..http://archiv.ub.uniheidelberg.de/volltextserver/volltexte/2003/3 708/pdf/zusammfass.pdf

Xuan Tinh, undated, Looking for Food: The Difficult Journey of the Hmong in Vietnam, Anthropological Perspective on Food Security. Hanoi, Vietnam: Institute of Anthropology.

Wardani. 2007. Ketahanan Pangan bagi Orang Rimba: Studi Kasus Orang Rimba yang Hidup di Sepanjang Jalan Lintas Sumatra, Jambi. Yogyakarta: PSAP UGM.

Wardani et al. 2009. Food security for ethnic and urban communities: case studies of food security of Orang Rimba (Jambi, Sumatra), Masyarakat Nuaulu (Seram Island, Maluku), urban poor DKI Jakarta, and urban poor di Yogyakarta. Bangkok: East Asian Development Network.

Copyright (c) 2016 Jurnal Kajian Wilayah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.