Sistem Pendidikan dan Pemikiran Filsafat Prancis Kontemporer

Martin Suryajaya

Abstract

Prancis dikenal sebagai negeri yang memberikan sumbangsih besar terhadap perkembangan filsafat kontemporer. Melalui tulisan ini penulis akan menganalisis prakondisi institusional dari sumbangsih tersebut. Penulis akan menunjukkan bahwa kekayaan wacana filsafat Prancis kontemporer mensyaratkan institusionalisasi filsafat baik secara formal (dalam wujud kurikulum dan institusi pendidikan) maupun informal (dalam ranah kebudayaan). Pada gilirannya, institusionalisasi ini dimungkinkan karena ada keperluan dari masyarakat itu sendiri, sebagaimana tercermin dalam kebijakan negara Prancis modern, akan filsafat sebagai basis universal bagi seluruh pendidikan. Dalam artikel ini, kita akan juga akan melihat bagaimana institusionalisasi tersebut berperan besar dalam mewujudkan kekayaan khazanah pemikiran Prancis pasca-Perang Dunia kedua.


Kata kunci: institusi formal filsafat, institusi informal filsafat, paradigma pendidikan filsafat, konsep, eksistensi

Full Text:

PDF

References

Agamben, Giorgio. 1998. Homo Sacer: Sovereignty and Bare Life, diterjemahkan oleh Daniel Heller-Roazen. California: Stanford University Press.

Althusser, Louis. 2004. Tentang Ideologi, diterjemahkan oleh Olsy Vinoli Arnof. Yogyakarta: Jalasutra.

Badiou, Alain. 2003. “Beyond Formalisation: an Interview”, diterjemahkan oleh Bruno Bosteels dan Alberto Toscano, Angelaki, Vol. 8, No. 2, Agustus, 2003.

_________. “The Adventure of French Philosophy”, New Left Review, No.35 September-Oktober 2005.

_________. 2005. Being and Event, diterjemahkan oleh Oliver Feltham. London: Continuum.

_________. 2006. Metapolitics, diterjemahkan oleh Jason Barker. London: Verso.

_________. 2009. Pocket Pantheon: Figures of Postwar Philosophy, diterjemahkan oleh David Macey. London: Verso.

Bataille, Georges. 1986. Eroticism: Death & Sensuality, diterjemahkan oleh Mary Dalwood. San Fransisco: City Lights Books.

_________. 1991.The Accursed Share: An Essay on General Economy, Vol I: Consumption, diterjemahkan oleh Robert Hurley. New York: Zone Books.

_________. 2004. “Reply to Jean-Paul Sartre (Defense of Inner Experience)”, dalam Georges Bataille, On Nietzsche, diterjemahkan oleh Bruce Boone. London: Continuum.

Deleuze, Gilles. 1987. Dialogues, diterjemahkan oleh Hugh Tomlinson dan Barbara Habberjam. New York: Columbia University Press.

_________. 1988. Bergsonism, diterjemahkan oleh Hugh Tomlinson dan Barbara Habberjam. New York: Zone Books.

_________. 1990. The Logic of Sense, diterjemahkan oleh Mark Lester dan Charles Stivale. New York: Columbia University Press.

_________. 2001. Pure Immanence: Essays on A Life, diterjemahkan oleh Anne Boyman. New York: Zone Books.

_________. 2004. Desert Islands and Other Texts: 1953-1974, diedit oleh David Lapoujade dan diterjemahkan oleh Michael Taormina. Los Angeles: Semiotext(e).

_________. 2001. The Fold: Leibniz and the Baroque, diterjemahkan oleh Tom Conley. London: The Athlone Press.

Derrida, Jacques. 1979. Speech and Phenomena, diterjemahkan oleh David B. Allison. Evanston: Northwestern University Press.

_________. 1995. The Gift of Death, diterjemahkan oleh David Wills. Chicago: The University of Chicago Press.

_________. 2000. “Number of Yes” dalam Martin McQuillan (ed.), Deconstruction: A Reader. Edinburgh: Edinburgh University Press.

Derrida, Jacques dan Maurizio Ferraris, 2001. A Taste for the Secret. London: Polity.

Descartes, René. 1997. “Meditations on the First Philosophy” dalam Forrest E. Baird dan Walter Kaufmann (ed.), Modern Philosophy. New Jersey: Prentice Hall.

Foucault, Michel. 1978. History of Sexuality Volume I, diterjemahkan oleh Robert Hurley. London: Allen Lane.

_________. 1985. History of Sexuality Volume II: The Use of Pleasure, diterjemahkan oleh Robert Hurley. London: Penguin Books.

_________. 2003. Society Must Be Defended: Lecture at the Collège de France 1975-1976, diterjemahkan oleh David Macey. New York: Picador.

_________. 2008. The Birth of Biopolitics: Lecture at the Collège de France 1978-1979, diterjemahkan oleh Graham Burchell. Hampshire: Palgrave Macmillan.

Hyppolite, Jean. 1979. Genesis and Structure of Hegel’s Phenomenology of Spirit, diterjemahkan oleh Samuel Cherniak dan John Heckman. Evanston: Northwestern University Press.

Hyppolite, Jean. 1997. Logic and Existence, diterjemahkan oleh Leonard Lawlor dan Amit Sen. Albany: SUNY Press.

Khalfa, Jean ed. 1999. An Introduction to the Philosophy of Gilles Deleuze. London: Continuum.

Laclau, Ernesto dan Chantal Mouffe. 2001. Hegemony and Socialist Strategy: Towards a Radical Democratic Politics. London: Verso.

Levinas, Emmanuel. 1978. Existence and Existents, diterjemahkan oleh Alphonso Lingis. The Hague: Martinus Nijhoff.

_________. 2000. Entre Nous: On Thinking-of-the-Other, diterjemahkan oleh Michael B. Smith dan Barbara Harshav. London: The Athlone Press.

Maloney, Philip J. “Infinity and The Relation: The Emergence of a Notion of Infinity in Derrida’s Reading of Husserl”, Philosophy Today, Musim Gugur, 1996.

Merleau-Ponty, Maurice. 1974. Phenomenology of Perception, diterjemahkan oleh Colin Smith. London: Routledge & Kegan Paul.

Sartre, Jean-Paul. 1956. Being and Nothingness: An Essay on Phenomenological Ontology, diterjemahkan oleh Hazel E. Barnes. New York: Philosophical Library.

_________. 1972. The Transcendence of the Ego: An Existentialist Theory of Consciousness, diterjemahkan oleh Forrest Williams dan Robert Kirkpatrick. New York: Octagon Books.

Schrift, Alan D. 2006. Twentieth-Century French Philosophy: Key Themes and Thinkers. Oxford: Blackwell Publishing.

Copyright (c) 2016 Jurnal Kajian Wilayah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.