Peoples Knowledge, Peoples Defense: Utilizing Local Practices for Disaster Safety and Adaptation in Rapu-Rapu, Albay, Philippines

Jesusa Grace J. Molina

Abstract

Kepulauan Rapu-rapu di Filipina merupakan wilayah yang dikenal sebagai daerah rawan bencana hidrometeorologikal sebagai akibat dari letak geografis dan faktor fisik wilayah tersebut. Pada tahun 2006, pulau ini mengalami bencana besar Typhoon Reming yang membawa dampak serius terhadap keberlangsungan hidup masyarakat yang tinggal di pulau tersebut. Berbagai dampak negatif yang diakibatkan oleh bencana ini adalah kerusakan fisik, sosial, dan ekonomi masyarakat yang mengakibatkan terdegradasinya penghidupan masyarakat.
Berdasarkan pengalaman pahit yang dialami tahun 2006 tersebut, masyarakat bertekad untuk mempersiapkan sekaligus memproteksi diri dan wilayah mereka dari potensi bencana alam tragis yang masih sangat mungkin terjadi di masa yang akan datang. Untuk itu, masyarakat lokal menginvestasikan sumber daya mereka pada berbagai program dan pengukuran pengurangan risiko bencana yang memanfaatkan kekayaan pengetahuan, kemampuan, dan budaya lokal yang dimiliki. Sebagai contohnya, masyarakat telah membangun sistem peringatan dini, lumbung pangan untuk masa krisis bencana, membentuk bintaassebuah tempat aman yang terletak di bagian atas rumah penduduk yang dimanfaatkan untuk menyimpan barang-barang berharga ketika banjirdan menciptakan inovasi-inovasi lokal lainnya seperti peralatan pancing inovatif yang membantu mereka meningkatkan produktivitas hasil tangkapan ikan. Di samping berbagai upaya yang telah disebutkan, masyarakat juga membangun hubungan dan bekerjasama dengan berbagai organisasi, baik organisasi lokal maupun asing, untuk meningkatkan kapasitas mereka.
Makalah ini menyajikan praktek-praktek aktual masyarakat Pulau Rapu-rapu dalam mengurangi risiko bencana yang disertai dengan kuatnya bukti-bukti pengalaman penggunaan pengetahuan dan kemampuan lokal sebagai salah satu ujung tombak benteng pertahanan masyarakat yang tinggal di wilayah yang berisiko tinggi terhadap bencana. Melalui makalah ini, pembaca diajak untuk kembali mempertimbangkan kekuatan kapasitas lokal dalam mengurangi bencana melalui visi dan tindakan yang aman, berdaya tahan, dan dinamis.


Kata kunci: pengetahuan lokal, kerentanan, penanganan dan adaptasi bencana, Pulau Rapu-rapu, Filipina

Full Text:

PDF

References

Bugtong, Chavez, de Chavez, Raymond & Corpuz, Victoria eds. 2009. Guide on Climate Change Adaptation and Indigenous Peoples. Baguio City: Tebtebba

Foundation Byg, Anja, Salick, Jan. 2007. Indigenous Peoples and Climate Change. Oxford: Tyndall Centre for Climate Change Research.

Ellen et al. 2000. Indigenous Environmental Knowledge and its Transformations Critical Anthropological Perspectives.

Hewitt Kenneth. 2012. Culture Hazard and Disaster. Wisner, Gaillard and Kelman. The Routledge Handbook of Hazards and Disaster Risk Reduction. New York: Routledge.

Mercer, Jessica. 2012. Knowledge and Disaster Risk Reduction. Wisner, Gaillard and Kelman. The Routledge Handbook of Hazards and Disaster Risk Reduction. New York: Routledge.

Mimura, Nobuo. 1999. “Vulnerability of island countries in the South Pacific to sea level rise and climate change”. Climate Research, Vol. 12.

Municipal Government of Rapu-Rapu. 2007. Rapu-Rapu Socio-Economic & Physical Profile.

Mwaura, Peter. 2008. Indigenous Knowledge in Disaster Management in Africa. Nairobi: United Nations Environment Programme.

Oliver-Smith, Anthony & Hoffman, Susanna M. 2002. Why Anthropologists Should Study Disasters. In Catastrophe and Culture: the anthropology of disaster. Oxford: J. Curry.

Oxfam. 2011. Rising to the Call: Good Practices in Disaster Risk Reduction and Climate Change Adaptation in the Philippines. Oxfam Pendaliday, Abowanas M. Liguasan. 1998. “Marsh Biodiversity: People-Based Initiative for Conservation and Protection” in People Earth and Culture. Los banos: Laguna: PCARRD-NCCA (Book Series No 165).

Participatory Capacity and Vulnerability Assessment Results under the ASCEND Project (June 2011).

Pernetta, John C. 1992. “Impacts of climate change and sea-level rise on small island states: National and international responses,” Global Environmental Change, Vol. 2, No. 1, March.

Risk Asia Consulting. 2006. “Fool’s Gold: The false economic promises of the

Lafayette mining project in Rapu Rapu”. A report submitted for Greenpeace Southeast Asia.

Victoria L. 2007. “Local Knowledge and Practices for Disaster Preparedness and Mitigation in Addressing Coastal Security Through Natural and Man-made Hazards Prevention and Management”. Tropical Coast, Vol. 14 No 2.

Copyright (c) 2016 Jurnal Kajian Wilayah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.