Trend Issues on Indonesian Labor Migration in the Netherlands

Gusnelly S.H., M.Si.

Abstract

Tulisan ini dalah tentang migrasi internasional yang dilakukan oleh orang Indonesia ke Belanda. Sejarah dari migrasi warga Indonesia itu sendiri sudah terjadi sejak puluhan tahun yang lalu. Catatan sejarah menunjukan bahwa di era tahun 1950-an ada arus migrasi orang Maluku ke Belanda. Pada tahun 1958 terjadi migrasi para ekspatriat Belanda karena adanya peristiwa nasionalisasi perusahaan milik kolonial Belanda dan bersama kepulangan warga Belanda itu mereka membawa serta istri-istrinya yang sebagian adalah warga negara Indonesia. Untuk kasus ini disebut juga migrasi karena adanya perkawinan. Pada masa sekarang, dimulai sejak akhir tahun 1990-an, arus masuk orang Indonesia untuk berbagai macam motif makin banyak terlihat. Migrasi karena mendapatkan sekolah lalu memutuskan bekerja dan menetap di Belanda. Mereka dalam kategori ini bekerja sebagai tenaga kerja terampil dan terdidik (skilled workers). Migrasi yang lain adalah dalam bentuk kunjungan keluarga dan akhirnya orang tersebut memutuskan tinggal di Belanda. Pada kasus ini, hampir sebagian besar dari mereka bekerja di sektor pekerjaan informal atau unskilled workers. Mereka yang bekerja sebagai tenaga kerja unskilled workers jarang memiliki dokumen lengkap atau dilekatkan pada mereka istilah undocumented migrant. Dari beberapa tipe migrasi yang tampak, tulisan ini menceritakan bagaimana proses migrasi itu berlangsung dan seperti apa pola-pola migrasi yang muncul dari aktifitas migrasi orang Indonesia di Belanda. Dengan adanya orang Indonesia yang menjadi undocumented migrant di Belanda, perlu juga diinformasikan bagaimana mereka bertahan tinggal di Belanda dengan status tidak resminya itu. Data dari tulisan ini diperoleh dari hasil penelitian melalui hasil wawancara dengan beberapa orang Indonesia yang bekerja di Belanda. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, pengumpulan data lapangan dilakukan di Amsterdam, Leiden and Utrecht, Belanda pada tahun 2010 dan 2011.
Kata kunci: migrasi, pekerja migran, pekerja terampil, pekerja tidak terampil, pekerja tak terdokumentasi.

Full Text:

PDF

References

Amersvoort. 1982. “ Immigration in the Netherlands 1945-1975” in Immigration and the Formation of Minority Groups: The Dutch Experience 1945-1975. London/New York: Cambridge University Press.

Ananta, Aris. 2004. International Migration in Southeast Asia. Singapura: ISEAS Publication.

Castles, Stephen and Miller Mark J. 1998. The Age of Migration: International Population Movements in Modern World, 2nd edition. London: Macmillan Press.

Darwin Muhajir. Anna Marie Wattie (ed). 2005. Bagai Telur di Ujung Tanduk: Mobilitas Lintas Batas dan Eksploitasi Seksual di Kawasan Asia Tenggara dan Sekitarnya. Yogyakarta: Pusat Studi Kependudukan dan Kebijakan UGM.

Gusnelly. 2005. “Social integration and migrant mobility: a case study of Moluccans in the Netherlands” dalam Nur Aisyah Kotarumalos. Crisis and Migration: A case study of Moluccans in the Netherlands. Jakarta: Pusat Penelitian Sumber Daya Regional, LIPI.

Gusnelly. 2012. The Phenomenon and Characteristic of Indonesian Skilledlabor in the Netherlands. Jakarta: LIPI Press.

Kuznetsov. Yevgeny, (ed). 2006. Diaspora Network and the International Migration of Skills. Washingthon DC. USA: World Bank.

Kotarumalos. 2012. The Competitiveness of Indonesian Workers in the Netherlands. Jakarta: LIPI Press.

Mudzakkir, Amin. 2012. Indonesian Migrant in a Globalized World. Jakarta: LIPI-Press.

Philpott. Simon. 2003. Meruntuhkan Indonesia: Politik Postkolonial dan Otoritarianisme. Yogyakarta: LKiS.

Skeldon, Ronald. 2009. “Of Skilled Migration, Brain Drains, and Policy Responses”. International Migration, Vol. 47 (4).

Zorlu, Aslan and Joop Hartog. 2002. “Migration and Immigrants: The Case of The Netherlands” dalam Ralp Rotte and Peter Stein. Migration Policy and the Economy: International Experiences. Hanns Seidel Stiftung.

Vermuelen, Hans and Rinus Penninx. 2000. Imigrant Integration: the Dutch Case. Het Spinhuis.

Widyatmoko. 2006. Turkish Migration Process to the Netherlands. Jakarta: PSDR-LIPI.

Employment and working conditions of migrant workers-Netherlands http://www.eurofound.europa.eu/ewco/studies/, access at 12 February 2009.

International Labour Organization, 2005: Migration of health workers: Country case study Philippines http://www.ilo.org/publns, access at 18 June 2010.

Employment and working conditions of migrant workers – Netherlands http://www.eurofound.europa.eu/ewco/studies/, access at 12 Februari 2009.

http://www/iom- netherlands.nl, access at 11 November 2011.

Copyright (c) 2016 Jurnal Kajian Wilayah
Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Refbacks

  • There are currently no refbacks.